Review Jurnal Sistem Pakar "Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile"

Uky Yudatama
Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Magelang
Volume. 1 Nomor 2 , Desember 2008


Abstrak 
Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala. Dengan cara mendeteksi kerusakan apa yang terjadi pada mobil. Misalnya, jika mobil bersuara berisik dan tidak mempunyai gambaran mengapa hal tersebut terjadi, hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil. Penyampaian informasi pun dilakukan menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi segala hal yang berhubungan dengan masalah kerusakan mesin secara cepat dan efisien secara timbal baik antara user dan sistem tetapi tetap optimal meski dalam small device. 
Kata kunci : perangkat mobile, sistem pakar, forward dan backward chaining, WAP, WML, PHP


1. Latar Belakang 

Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja mesin Panther. Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala. Dengan cara mendeteksi kerusakan apa yang terjadi pada mobil. Misalnya, jika mobil bersuara berisik dan tidak mempunyai gambaran mengapa hal tersebut terjadi, hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil. Penyampaian informasi dilakukan menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem. Uraian di atas menjadi latar belakang pertimbangan bagi peneliti untuk membuat judul  "Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile".

Tujuan Penelitian
Berdasarkan uraian Latar Belakang diatas, tujuan penelitian ini adalah:
1. Mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mesin mobil Panther.
2. Merancang suatu sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan pada mesin mobil Panther.


2. Hasil dan Pembahasan

Untuk merancang sistem di dalam tahap rancangan ini, penulis membuat pengembangan tahap basis pengetahuan meliputi : 
a. Mendefinisikan kemungkinan penyelesaian. Dalam tahap ini yang dilakukan adalah menentukan domain pengetahuan ke dalam daftar kemungkinan penyelesaian jawaban, pilihan atau rekomendasi lain. 
b. Mendefinisikan data masukan. Dalam tahap ini yang dilakukan adalah identifikasi dan mendaftar semua data yang diperlukan sistem. 
c. Pengembangan garis besar. Dalam tahap ini yang dilakukan adalah menambah domain penyelesaian dan data masukan yang diperlukan untuk mengatasi kesulitan dalam menulis aturan. 
d. Menggambar pohon pengetahuan, dalam tahap ini yang dilakukan adalah membuat kontruksi sebuah pohon keputusan dan pencarian. 
e. Membuat matrik akuisisi pengetahuan. Dalam hal ini yang dilakukan adalah membuat akuisisi basis pengetahuan pengetahuan berbentuk sebuah matrik. 
f. Pengembangan software, dalam hal ini yang dilakukan adalah menulis basis pengetahuan yang sudah ada dan siap digunakan kedalam bahasa yang dimengerti oleh komputer. 

Mekanisme Inferensi Mekanisme inferensi adalah bagian dari sistem pakar yang melakukan penelusuran dengan menggunakan isi daftar aturan berdasarkan urutan pola tertentu.

Antarmuka (User Interface) User interface merupakan bagian dari sistem pakar yang digunakan sebagai media atau alat komunikasi antar user dan sistem. Di dalam user interface ini dibedakan dua user : 
• User umum adalah user yang menggunakan sistem pakar ini untuk mencari informasi dari gangguan-gangguan yang dialami atau sekedar mencari informasi jenis-jenis kerusakan mesin pada Isuzu Panther beserta gejalanya. 
• User administrator adalah user yang bertugas untuk melakukan proses editing penambahan dan perawatan data di dalam sistem pakar jika diperlukan perubahan. 

Penulis menggunakan spesifikasi perangkat lunak sebagai sistem pendukung aplikasi yang dibuat, yaitu: 
• Apache version 1.3 yang meliputi Apache sebagai web servernya, PHP untuk bahasa pemrogramannya dan MySQL sebagai databasenya. 
• Openwave V7simulator version 7.0.107 keluaran Openwave System, Inc. Sebagai emulator WAP sebelum dijalankan ke perangkat mobile yang sesungguhnya. 

Pengujian Sistem yang dibuat oleh penulis saat user mengakses alamat URL, maka akan mengakses halaman utama. Selanjutnya, akan berada pada halaman login agar sistem dapat mengetahui user yang aktif dan apa yang ingin di lakukannya. Sebagai user umum, sebaiknya memilih link Umum karena jika kita memilih link Adminstrator maka akan terdapat autentifikasi yang hanya diketahui oleh admin saja. Selanjutnya, akan dihadapkan pada menu utama user dengan pilihan Sebab Kerusakan, Macam Kerusakan dan Alamat Bengkel Isuzu. Perlu diketahui, bahwa dengan memilih menu Sebab Kerusakan , informasi yang didapatkan adalah representasi dari metode Forward Chaining. Pertama user akan diberi pertanyaan mengenai sebab yang paling umum dialami untuk semua macam kerusakan mesin Isuzu Panther. User diberikan pilihan jawaban, pilihan jawaban ‘Yes’ untuk representasi kerusakan mesin yang dialami dan jawaban ‘No’ untuk representasi mobil tidak mengalami gangguan tersebut. Dari pilihan jawaban itulah, maka sistem akan mengarah pada kode pertanyaan yang dituju. Kode tanya yang dituju akan menampilkan sebab selanjutnya sebagai pertanyaan berikutnya. Tentunya pertanyaan yang tampil hanya untuk sebab-sebab yang berkaitan saja dengan mengarah pada suatu macam kerusakan tertentu. Begitu seterusnya sistem akan berjalan hingga didapatkan kode pertanyaan selanjutnya berisi kesimpulan kerusakan yang dialami. 

Sedangkan menu Macam Kerusakan, informasi yang didapatkan adalah representasi dari metode Backward Chaining. Pertama user akan diberikan pilihan mengenai berbagai macam kerusakan mesin Isuzu Panther. Pilihan macam kerusakan akan menentukan semua sebab yang berhubungan dengan macam kerusakan yang dipilih untuk ditampilkan informasinya. Dalam pengujian proses backward, dapat dilihat pada menu informasi Macam Kerusakan dan menu jawaban why dari pilihan informasi Sebab Kerusakan. Dari menu why ini, dapat dilihat kembali jawaban apa saja yang sudah diberikan sebelumnya, sehingga diharapkan mampu memberikan informasi yang tepat pada sistem. Pada halaman pilihan macam kerusakan, harus menuliskan nomor pilihan berdasarkan macam kerusakan yang ingin diketahui informasi sebab gangguan.

Dan menu Alamat Bengkel Isuzu adalah menu yang menampilkan informasi alamat bengkel Isuzu yang terletak di beberapa daerah di Indonesia.


3. Kesimpulan

Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan kemudahan kepada pengguna mobil untuk dapat mendiagnosis kerusakan mesin mobil panther melalui aplikasi. Sangat membantu dan mudah untuk menemukan Sebab dan Macam kerusakan melalui aplikasi tersebut dengan metode Forwading Chaining dan Backward Chaining yang digunakan oleh penulis. Dalam penelitian ini, diperlukan dalam pengembangan aplikasi tersebut untuk membuat tampilan lebih menarik dan memberikan fasilitas yang lain dalam pengembangan aplikasi tersebut.

Sumber: http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/34976219/212_218-Uky_2.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAJ56TQJRTWSMTNPEA&Expires=1482042134&Signature=VhyAVy3NK6yXMsmssO7GkMI%2BUig%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3D212_218-Uky_2.pdf

Komentar

Postingan Populer