COBIT (Control Objective for Information & Related Technology)
Pengertian
COBIT
Control Objective for Information & Related Technology (COBIT)
adalah sekumpulan dokumentasi best
practice untuk IT Governance yang
dapat membantu
auditor, pengguna (user), dan manajemen untuk menjembatani
gap antara resiko bisnis, kebutuhan control dan masalah-masalah teknis IT (Sasongko, 2009).
COBIT mendukung tata kelola TI
dengan menyediakan kerangka kerja untuk mengatur keselarasan TI dengan bisnis. Selain itu, kerangka kerja juga memastikan bahwa TI memungkinkan bisnis, memaksimalkan keuntungan, resiko TI dikelola secara tepat,
dan sumber daya TI
digunakan secara bertanggung jawab (Tanuwijaya dan Sarno,
2010). COBIT
merupakan standar
yang dinilai paling lengkap dan menyeluruh sebagai
framework IT audit karena dikembangkan secara berkelanjutan oleh lembaga swadaya profesional
auditor yang tersebar di hamper seluruh negara. Dimana di setiap Negara dibangun
chapter yang dapat mengelola
para professional tersebut.
Sejarah COBIT
COBIT pertama kali diterbitkan pada tahun
1996, kemudian edisi kedua dari
COBIT diterbitkan pada tahun 1998. Pada tahun 2000 dirilis COBIT 3.0 dan COBIT 4.0 pada tahun 2005. Kemudian COBIT 4.1 dirilis pada tahun
2007 dan saat ini COBIT yang terakhir dirilis adalah
COBIT 5.0 yang dirilis pada tahun 2012.
COBIT merupakan kombinasi dari prinsip-prinsip yang telah ditanamkan yang dilengkapi dengan balance scorecard dan dapat digunakan sebagai acuan model (seperti COSO) dan disejajarkan dengan standard industri, seperti ITIL, CMM, BS779, ISO 9000.
COBIT merupakan kombinasi dari prinsip-prinsip yang telah ditanamkan yang dilengkapi dengan balance scorecard dan dapat digunakan sebagai acuan model (seperti COSO) dan disejajarkan dengan standard industri, seperti ITIL, CMM, BS779, ISO 9000.
Kriteria Informasi berdasarkan COBIT
Untuk memenuhi tujuan bisnis, informasi perlu memenuhi criteria tertentu,
adapun 7 kriteria informasi
yang menjadi perhatian
COBIT, yaitu sebagai berikut:
1. Effectiveness (Efektivitas). Informasi yang
diperoleh harus relevan dan berkaitan dengan
proses bisnis, konsisten, dapat dipercaya, dan tepatwaktu.
2.
Effeciency (Efisiensi). Penyediaan informasi melalui penggunaan sumber daya (yang paling produktif dan ekonomis)
yang optimal.
3. Confidentially (Kerahasiaan). Berkaitan dengan proteksi pada informasi penting dari pihak-pihak yang tidak memiliki hak otorisasi/tidak berwenang.
4.
Intergrity (Integritas). Berkaitan dengan keakuratan dan kelengkapan
data/informasi dan tingkat validitas
yang sesuai dengan ekspetasi dan nilai bisnis.
5. Availability (Ketersediaan). Fokus terhadap ketersediaan
data/informasi ketika diperlukan dalam
proses bisnis, baik sekarang maupun dimasa
yang akan datang.
Ini juga terkait dengan pengamanan atas sumber daya yang
diperlukan dan terkait.
6. Compliance (Kepatuhan). Pemenuhan data/informasi
yang sesuai dengan ketentuan hukum,
peraturan, dan rencana perjanjian/kontrak untuk proses bisnis.
7. Reliability (Handal). Fokus pada pemberian informasi yang tepat bagi manajemen untuk mengoperasikan perusahaan dan pemenuhan kewajiban mereka untuk membuat laporan keuangan.
Manfaat dan Pengguna
COBIT
Secara manajerial
target pengguna COBIT dan manfaatnya adalah :
1.
Direktur dan Eksekutif
Untuk memastikan manajemen mengikuti dan mengimplementasikan strategi searah dan sejalan dengan TI.
2.
Manajemen
Untuk mengambil keputusan investasi TI. Untuk keseimbangan resiko dan control investasi. Untuk benchmark lingkungan TI sekarang dan masa depan.
Untuk mengambil keputusan investasi TI. Untuk keseimbangan resiko dan control investasi. Untuk benchmark lingkungan TI sekarang dan masa depan.
3.
Pengguna
Untuk memperoleh jaminan keamanan dan control produk dan jasa yang dibutuhkan secara internal maupun eksternal.
Untuk memperoleh jaminan keamanan dan control produk dan jasa yang dibutuhkan secara internal maupun eksternal.
4.
Auditors
Untuk memperkuat opini untuk manajemen dalam control internal.
Untuk memberikan saran pada control minimum yang diperlukan.
Untuk memperkuat opini untuk manajemen dalam control internal.
Untuk memberikan saran pada control minimum yang diperlukan.
Komentar
Posting Komentar