Enterprise Resource Planning(ERP)
Konsep Enterprise Resource
Planning, atau sering disebut dengan ERP merupakan suatu sistem informasi yang
diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan
mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek
operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. ERP ini
melakukan tugas-tugas dalam proses bisnis. Seperti membuat perencanaan suatu
perusahaan, manufaktur, penjualan dan pemasaran dalam suatu sistem manajemen. Modul-modul ERP, terdiri dari:
1.
Modul Operasi:
a.
General Logistik, adalah proses aliran pendistribusian yang efisien dalam
pemnyimpanan barang dari titik asal / titik prosuksi ke titik konsumsi. Modul
ini juga terintegrsi dengan modul lainnya,misalnya production & planning,
enterprise controlling, dll.
b.
Sales and Distribution, merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan untuk
mencapai tujuan perusahaan. Sales lebih menitikberatkan pada pencarian pasar
dan produk. Sedangkan distribution difokuskan pada penggunaan strategi yang
sensitif terhadap perubahan yang terjadi di pasar.
c.
Material and Management, merupakan modul yang bertujuan untuk mengoptimasi
semua proses yang terkait dengan perencanaan, pengadaan, pembelian, sampai
penyimpanan material.
2.
Financial Accounting Module,
1. General Accounting adalah sebuah
modul yang ditujukan untuk menyediakan pengukuran berkelanjutan terhadap
keuntungan perusahaan. dan juga modul ini digunakan untuk mengukur kinerja
keuangan perusahaan berdasarkan pada data transaksi internal maupun eksternal.
2. CO-Controlling berfungsi dalam
Cavital Invesment , aktivitas keuangan perusahaan, pendanaan terhadap
pembelian, pengadaan, penggunaan dana untuk setiap area dan pengendalian
terhadap biaya serta profit yang berdasarkan semua aktivitas perusahaan.
3. Invesment Management adalah modul
yang digunakan untuk menganalisis kebijakan investasi jangka panjang dan fixxed
assets dari perusahaan dan membantu menajemen dalam membuat keputusan.
4. Enterprise Controlling berfungsi
dalam memberikan akses bagi enterprise controoller mengenai hal-hal seperti;
kondisi keuangan perusahaan, hasil dari perencanaan pengendalian perusahaan,
investasi, maintenance aset perusahaan, dll.
5. Treasury , modul ini berfungsi untuk
mengintegrasikan atara cash management dan cast forecasting dengan aktivitas
logistic dan transaksi keuangan.
3. Human
Resources Module : Merupakan perluasan dari ERP module. HR modul memetakan
secara tegas tentang managerial sumber daya manusia dan juga meletakkan tenaga
kerja itu sebagai asset atau capital. HR modul secara rutin akan memaintain
secara lengkap database kepegawaian termasuk diantaranya informasi informasi
mengenai detail penggajian, data krhadiran pegawai, data evaluasi performance
karyawan, dan data promosi karyawan. Pada dasarnya Modul ERP ini memiliki
sebuah software khusus yang mengintegrasikan semua informasi dari berbagai
macam aplikasi yang disatukan kedalam sebuah database.
Mekanisme proses kerja dengan
menggunakan ERP, mengharuskan para karyawan untuk mengirimkan informasi pada
satu sumber. Dengan memusatkan tempat penyimpanan data pada satu tempat, maka
tercipta kemudahan untuk mendapatkan berbagai data, Karena setiap departemen/divisi
mengirimkan data mereka pada tempat ini.
Penerapan ERP dijadikan sebagai
sarana belajar bagi para karyawan untuk meninggalkan budaya kerja lama. Budaya
kerja lama yang dimaksud salah satunya adalah kebiasaan karyawan melempar
tanggung jawab bila terjadi suatu kesalahan dalam proses kerja. Padahal yang
seharusnya dilakukan adalah mencari solusi untuk memperbaiki kesalahan yang
terlanjur terjadi. Kontribusi ERP dalam hal ini adalah membantu pelaksanaan dan
pendokumentasian komunikasi internal antara karyawan. Dengan adanya pendokumentasian ini, kita dapat
memantau dan mengendalikan kinerja setiap proses. Untuk selanjutnya tinggal
dipikirkan tindakan perbaikan dan pencegahan yang seharusnya dilakukan.
Kelancaran proses kerja sebagai
hasil dari penerapan ERP dapat membantu perusahaan memenuhi keinginan pelanggan
sehingga perusahaan dapat mencapai kepuasan pelanggan.
PT Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan penerapan ERP untukmenghubungkan dan mengsinkronisasikan tiap divisi sehingga mengurangi redudansi data, juga untuk pelaporan pekerjaan tiap divii ke divisi lain. Pada bagian penjualan proses dimulai dari kostumer datang, kemudian membeli tiket, kemudian memasukkan data tersebut kedalam sistem dan masuk ke dalam database kemudian muncul infomasi berupa tampilan laporan penjualan pada bagian keuangan. Modul-modul yang banyak digunakan oleh PT.Garuda Indonesia.
-Production Planning(PP): membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi(manufacturing) suatu perusahaan.
-Financial Accounting(FI): mencakup standard accounting cash management(treasury), general ledger dan konsolidasi ntuk tujuan financial reporting.
-Human Resources Management(HR): mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai.
-Controlling(CO): mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting dan analisa profitabilitas.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_sumber_daya_perusahaan
Komentar
Posting Komentar